Perkembangan Memori Card

4 10 2006

SD (Secure Digital) dan MMC (Multimedia Card)
Keduanya memiliki bentuk yang sangat mirip. Dan dibandingkan dengan beberapa Flash Memory yang lain, keduanya tergolong kelompok yang tidak murah. Hal ini dikarenakan juga oleh ukuran SD atau MMC yang sangat kecil dan tidak membutuhkan tenaga listrik yang besar utnuk dapat bekerja.

Antara SD dengan MMC mungkin tidak terlalu berbeda fisik, namun kemampuannya agak berbeda. SD memiliki kecepatan yang lebih baik dibandingkan MMC. Di samping itu, satu hal yang menjadi nilai lebih dari SD adalah system proteksi yang dimilikinya. SD Card sengaja didesain untuk menyimpan data dengan lebih aman. Di dalamnya terdapat system yang dapat mencegah proses copy data sembarangan sehingga sangat cocok digunakan untuk menyimpan data yang dilindungi hak cipta. Sistem ini dinamakan  juga CPRM—Content Protection Rights Management.

Saat ini, SD Card juga sudah banyak digunakan pada kamera digital atau video kamera. Mengingat ruang kapasitasnya yang juga sangat besar dan kecepatan menyimpan yang sangat tinggi. Sampai sekarang sudah tersedia SD Card dengan kapasitas mencapai 2 GB dengan kecepatan sampai 10 MB/s.

Compact Flash
Ini adalah jenis Flash Memory yang paling lama digunakan. Kapasitas yang dimilikinya dapat mencapai 8 GB. Dan untuk CF Card yang memiliki kapasitas lebih dari 2 GB, maka CF tersebut menggunakan system file FAT 32 seperti layaknya sebuah Harddisk.

Compact Flash sudah menjadi fitur yang sangat umum pada kamera digital. Compact  Flash sebenarnya memiliki dua macam yang berbeda ukuran ketebalan. Compact Flash pertama yang disebut CF Type I memiliki ketebalan 3,3 mm. Dan CF Type II memiliki ketebalan 5 mm. Jika kamera Anda memiliki slot CF Card I, maka tidak mungkin dapat menggunakan CF Type II. Namun bila kamera digital Anda memiliki slot CF Type II, ada kemungkinan dapat menggunakan CF Type I.

CF juga tersedia dengan beragam kecepatan. Semakin cepat tentu saja akan semakin mahal harganya.

Memory Stick
Memory Stick merupakan flash memory yang umumnya digunakan pada perangkat produksi Sony. Seperti ponsel, kamera digital, video kamera, PDA, sampai notebook.

Memory Stick sendiri memiliki varian yang sangat beragam. Ada Memory Stick biasa ada juga Memory Stick Pro, memory stick duo dan yang terakhir adalah Memory Stick Duo Pro.

Yang membedakan duo dan yang bukan duo adalah ukurannya. Memory Stick duo/pro duo memiliki ukuran setengah kali lipat dari Memory Stick biasa atau pro. Sedangkan yang biasa dengan yang pro berbeda kapasitas. Yang pro dapat memiliki kapasitas sampai 4 GB.

Bila alat yang Anda memiliki slot memory stick biasa, maka Anda tidak akan dapat menggunakan Memory Stick pro. Sedangkan untuk menggunakan Memory Stick dua, yang biasa atau yang pro harus menggunakan sebuah adapter khusus.

Meskipun yang menggunakan Memory Stick umumnya hanya produksi dari Sony saja, namun Memory Stick ini sendiri diproduksi tidak hanya oleh Sony saja. Ada beberapa perusahaan storage lain yang juga memproduksinya, seperti SandDisk dan Lexar.

xD Card
Satu lagi flash memory card yang paling terakhir muncul adalah xD Card yang kehadirannya dikembangkan oleh Fuji dan Olympus. xD Card memiliki ukuran yang sangat kecil dan bobot yang sangat ringan. Sampai saat ini, xD card dengan kapasitas 1 GB sudah dapat diperoleh di pasar elektronik. Dan biasanya slot untuk xD sudah tersedia pada kamera-kamera Fuji serta Olympus yang terbaru. Berkaitan dengan harga, xD card memiliki harga yang cukup bersaing dengan Flash Memory card yang sudah lebih senior darinya.

Source by PC Media
Posting by Dik Birowo


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: